Kenapa Tagihan Bulanan IndiHome Naik? Ini Penyebab & Solusinya...

bayar indihome mahal, indihome harga terus naik, tagihan indihome jadi mahal, pembayaran indihome membengkak, harga bulanan indihome mahal, cara menurunkan harga indihome, mengurangi tagihan, supaya tagihan indihome murah, internet, provider internet telkom

Bingung dengan tagihan IndiHome yang terus naik dan semakin mahal? Mungkin penyebabnya adalah hal-hal yang akan Akira bahas di bawah ini. Akira juga menyertakan solusi yang bisa kamu lakukan untuk menekan kenaikan harga yang kamu dapati.

Akira juga merupakan pengguna IndiHome. Beberapa hal sudah pernah Akira alami selama berlangganan pada internet service provider ini. Dan masalah kenaikan harga memang menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu. Terutama mengganggu ketenangan isi dompet hhehe.. Cukup basa-basinya, di bawah ini adalah beberapa penyebab kenaikan tagihan bulanan IndiHome dan solusi untuk menguranginya. Check this out!


1. Kenaikan Wajar
Kenaikan wajar adalah kenaikan harga yang rutin terjadi setiap beberapa bulan sekali. Kenaikan ini sama seperti inflasi harga yang terus naik. Tapi, kenaikan ini umumnya sangat kecil. Biasanya hanya beberapa ribu rupiah (mungkin di bawah Rp. 10.000). Dan, seperti yang Akira katakan sebelumnya, kenaikan ini jarang terjadi.

Untuk kenaikan ini, sayangnya kamu tidak bisa melakukan apapun untuk menolaknya. Kecuali, hanya melakukan kritik & saran masalah harga.


2. Pembelian Add-On
Sengaja atau tidak sengaja, pembelian add-ons pasti akan menaikan tagihan bulanan. Ada 2 jenis add-ons menurut perbedaan masa aktifnya, yaitu :

Pertama, add-ons berjangka waktu (sementara). Contohnya adalah add-on speed on demand, yang hanya aktif beberapa hari saja (sesuai pilihan) untuk menaikan speed internet, dan akan otomatis nonaktif setelah lewat dari jumlah hari yang ditentukan. Kemudian, biaya akan dimasukan ke tagihan bulanan.

Kedua, add-ons yang terus aktif secara continue. Misalnya upgrade speed internet dan pack channel TV. Add-on ini akan terus aktif ke depannya, dengan biaya yang akan ditotalkan ke setiap tagihan bulanan IndiHome-mu. Setidaknya, sampai kamu melakukan permintaan untuk menonaktifkannya.

Untuk perihal add-ons, semua bisa kamu atur melalui app MyIndiHome dari smartphone-mu masing-masing.


3. Menerima Penawaran
Konsumen yang selalu melakukan pembayaran tepat waktu, akan sering mendapatkan penawaran melalui telfon langsung dari pihak IndiHome. Nomor yang akan dihubungi adalah nomor yang kamu gunakan untuk mendaftar IndiHome sebelumnya. Penawaran yang sering ditawarkan adalah seputar upgrade speed internet dan penambahan channel TV.

Walaupun harga yang ditawarkan terbilang lebih murah ketimbang harga normal, tetap saja hal ini akan menaikan tagihan pembayaran setiap bulannya. Misalnya, tagihan-mu Rp. 370.000/bulan dan kamu mengambil penawaran penambahan channel dengan harga Rp. 50.000/bulan. Maka total tagihanmu akan menjadi Rp. 420.000/bulan. Lumayankan? Coba ingat-ingat! Berapa banyak penawaran yang sudah kamu ambil? Jika kamu tidak membatasinya (menolak penawaran), bisa-bisa tagihan-mu naik sampai ratusan ribu rupiah per bulannya.

Solusinya, coba lakukan pembatalan (non-aktifasi) layanan tambahan tersebut melalui app MyIndihome dari smartphone. Jika tidak bisa melalui app, atau prosesnya terlalu lama, kamu bisa secara langsung datang ke Plaza Telkom terdekat. Jangan lupa bawa fotocopy KTP dari orang yang melakukan pendaftaran IndiHome.


4. Membuka Channel TV
Hati-hati! Jangan tinggalkan remote dari TV box kepada anak-anak. Karena membuka/membeli channel TV itu sangat mudah dilakukan hanya melalui remote saat kita sedang menonton TV. Bisa-bisa secara tidak sengaja, kita membuka/membeli channel TV saat sedang memencet-mencet tombol remote. Biaya normal untuk membuka 1 channel TV secara langsung itu relatif mahal. Jika kamu memang mau membuka/membeli channel, lebih baik menunggu promo atau penawaran, karena harganya bisa jauh lebih murah.

Solusinya, tutup channel tambahan melalui app MyIndiHome. Jika dirasa sulit atau lama prosesnya, kamu bisa langsung datang ke Plaza Telkom terdekat. Jika datang ke Plaza Telkom, selalu bawa fotocopy KTP dari orang yang dulu mendaftarkan IndiHome. Karena hal ini umum menjadi syarat. Supaya kamu tidak bulak-balik datang ke Plaza Telkom.


5. Sanksi Telat Bayar
Yup. Provider internet yang satu ini menerapkan sanksi berupa kenaikan tagihan bila kamu telat melakukan pembayaran. Kenaikan 5% untuk keterlambatan pembayaran di bulan pertama. Dan, kenaikan tagihan 10% jika kamu sampai menunggak selama 2 bulan. Untuk detail sanksi telat bayar IndiHome bisa kamu baca di artikel ini Apa Sanksi IndiHome Jika Kamu Telat Bayar Tagihan? | Denda & Putus Jaringan?

Kamu tidak bisa melakukan komplain untuk kenaikan akibat sanksi ini, karena kamu telah melanggar ketentuan yang berlaku prihal batas waktu pembayaran. Yang bisa kamu lakukan hanyalah membayar segala tunggakan beserta tambahan biaya dari sanksi yang kamu dapat. Maka kedepannya, tagihanmu akan kembali normal.


6. Kesalahan Pihak Provider
Tidak menutup kemungkinan akan adanya kesalahan dari pihak IndiHome selaku provider internet. Jika saja kamu mendapati kenaikan tagihan bulanan yang tidak wajar padahal kamu tidak melakukan penambahan add-on atau upgrade apapun, maka kamu patut untuk curiga dan kritis.

Jangan bayar tagihan yang naik secara tidak wajar. Coba kamu tanyakan dulu detail tagihan dan penyebab kenaikan kepada customer service IndiHome. Bisa melalui app MyIndiHome atau melalui telfon langsung ke contact center IndiHome di nomor 147.

Jika kamu yang melakukan kesalahan yang menyebabkan kenaikan tagihan, kamu terpaksa harus membayarnya. Tapi kedepannya, kamu bisa mengatur layanan IndiHome-mu agar kembali ke tagihan normal. Misalnya dengan cara me-nonaktifkan add-on yang tidak perlu. Tapi, jika kesalahan berasal dari pihak IndiHome, komplain kamu pasti akan didengar dan tagihanmu akan direvisi.

Akira pernah mengalami kenaikan yang tidak wajar ini. Setelah melayangkan komplain, butuh beberapa hari sampai akhirnya tagihan direvisi. Tapi jika kamu rasa prosesnya terlalu lama atau bahkan stuck, kamu bisa "menggertak" untuk memutus kontrak layanan IndiHome dengan ketidakpuasan.


PENUTUP
Jika setelah melakukan upaya di atas, namun tagihan-mu masih tetap mahal dan dirasa memberatkan, kamu bisa mengambil jalan alternatif lain, seperti; downgrade ke paket yang lebih murah atau mengganti internet service provider-mu.

Sampai juga dibagian akhir. Semoga artikel ini membantu kamu yang mengalami masalah tagihan IndiHome yang membengkak dan semakin mahal. Semoga solusi-solusi yang disertakan akan efektif menekan harga tagihan bulanan-mu.

Temukan juga artikel informatif lainnya seputar dunia game & teknologi di weakwings.blogspot.com. Budayakan juga untuk meninggalkan komentar ya.. hhehe.. sankyu...

BACA JUGA :
author: Akira Asayami

Komentar

Postingan Populer