Solusi Lampu Modem Indihome Kedip Merah (LOS), Internet Mati Total

internet mati, lampu merak kedip-kedip, tv box mati, wifi mati, tidak aktif, ganggungan, cara mengatasi, memperbaiki

Apa yang harus kamu lakukan jika tiba-tiba lampu merah (LOS) pada modem Indihome tiba-tiba berkedip? Pastinya disaat itu pun internet akan mati total, sehingga WiFi maupun TV box yang ada menjadi tidak dapat digunakan. Memang masalah pasti akan muncul sewaktu-waktu. Kamu tidak perlu panik. Yang penting kamu paham masalah yang terjadi, dan tahu cara mengatasinya.


Apa penyebab lampu los (merah) berkedip?
Lampu los (berwarna merah) pada modem yang berkedip adalah indikator dari modem yang menjelaskan kondisi dimana modem tidak terkoneksi dengan internet. Kemungkinan terbesar penyebabnya ada 2 hal, yaitu:

  1. Proses Maintenance
    Tidak bisa dipungkiri, maintenance adalah salah satu proses rutin yang dilakukan oleh semua provider yang ada, untuk menjaga bahkan meningkatkan kualitas jaringan yang mereka tawarkan. Durasi maintenance umumnya tidak lama. Namun ada kalanya yang dilakukan adalah maintenance skala besar atau sejenisnya yang dapat memakan waktu berjam-jam.

    Cara memastikan kejadian ini proses maintenance atau bukan, kamu dapat melakukan 2 hal. Pertama, tanya pengguna Indihome lain disekitar rumahmu. Jika mereka mengalami hal serupa, maka bisa dipastikan proses maintenance sedang berlangsung. Kedua, hubungi customer care Indihome dan tanya tentang status jaringan di daerahmu.

  2. Kerusakan / masalah pada kabel jaringan
    Jika kamu perhatikan, terdapat kabel jaringan yang terhubung dari modem Indihome sampai ke luar rumah. Nah, kabel ini lah yang sering menjadi penyebab lampu los (merah) pada modem berkedip, dan internet yang mati total.

    Bisa jadi ada bagian kabel yang terputus (terbelah dua ataupun bagian dalamnya saja), atau bisa juga terjadi masalah pada ujung kabel (pada bagian konektor) yang terpasang pada internet box. Semacam kotak tempat menghubungkan kabel jaringan yang umumnya terpasang di atas tiang listrik.

Apa yang harus dilakukan jika lampu los berkedip dan internet mati total?
Pertama, cari informasi. Pastikan masalah ini akibat maintenance atau bukan. Tanya pengguna Indihome lain disekitar rumahmu. Jika mereka mengalami masalah serupa, maka bisa dipastikan sedang ada maintetance dari pihak Indihome. Kamu dapat menunggu beberapa saat sampai maintenance selesai. Kemudian semua akan kembali normal.

Jika pengguna lain tidak mengalami hal serupa, maka ada masalah yang terjadi dengan salah satu perangkat jaringan Indihome yang kamu gunakan. Umumnya masalah terletak pada kabel jaringan yang terpasang dari modem sampai ke internet box yang berada jauh di luar rumah. Jika sudah dipastikan hanya kamu yang mengalami masalah ini, maka hubungi customer care Indihome untuk mengajukan keluhan.

Jangan kamu utak-atik sendiri perangkat yang ada, jika kamu tidak mau dijadikan kambing hitam oleh sang teknisi (hhehe..). Jika terjadi masalah yang kira-kira fatal dan cukup parah, langsung minta bantuan teknis dari Indihome. Biarkan teknisi yang nantinya memeriksa dan memperbaiki masalah yang ada.


Bagaimana cara meminta bantuan teknis dari customer care Indihome?
Kamu dapat menghubunginya secara langsung dengan menelfon ke nomor 147. Kamu juga dapat dengan mudah meminta bantuan teknis dengan menggunakan fitur bantuan dari app myIndiHome yang dapat kamu install di smartphone-mu.


Cara meminta bantuan teknis melalui app myIndiHome
  1. Buka app myIndiHome yang terpasang di smartphone-mu.
  2. Jika belum log in, maka log-in terlebih dulu dengan akun-mu.
  3. Tap garis 3 yang berada di pojok kiri atas untuk membuka menu.
  4. Tap Pusat Bantuan.
  5. Terdapat beberapa jenis pilihan "kendala layanan" yang tampilkan. Pilihlah bagian "Internet".
  6. Kemudian, pilih "Buat Laporan terkait gangguan".
  7. Karena masalah lampu merah yang berkedip datang seiring internet yang mati, maka pilih "Tidak Bisa Koneksi ke Internet". Kemudian tap "Lanjutkan".
  8. Ikuti langkah-langkah berikutnya sampai selesai.
Setelah membuat tiket laporan, maka laporan akan langsung diteruskan ke teknisi. Namun tetap saja, prosesnya membutuhkan waktu. Pihak Indihome tidak akan menghubungi nomormu untuk melakukan konfirmasi. Yang akan menghubungimu adalah teknisi secara langsung, untuk memastikan alamat pasti rumahmu. Saat teknisi Indihome menghubungimu biasanya mereka sudah berada dekat dari lokasi rumahmu. Saat kamu membuat laporan, data pengguna seperti nomor hp, alamat dan nama pengguna, sudah secara otomatis didapatkan dari pusat dan langsung diinformasikan kepada teknisi.

Kamu tidak dikenakan biaya apapun walaupun jika ada perangkat yang diganti. Tapi pastikan kamu tidak mengutak-atik sendiri perangkat jaringan yang disediakan Indihome. Karena kalau ternyata ada kerusakan yang terjadi akibat kesalahan penggunanya sendiri, mungkin ceritanya akan berbeda.

Setelah teknisi sudah datang dan memperbaiki masalah yang ada, jangan lupa untuk mengkonfirmasi laporan di dalam app myIndiHome. Laporkan bahwa masalah sudah teratasi. Feedback ini akan membantu pihak Indihome untuk secepatnya membuat history tentang masalah yang sudah terjadi.

Artikel ini informatif? Temukan juga artikel menarik dan informatif lainnya seputar game dan dunia teknologi di weakwings.blogspot.com sankyu...

Baca juga:
author: Akira Asayami

Komentar

Postingan Populer